Let’s travel together.

Menunaikan Ibadah Umroh dengan Bersepeda dari Malang

1

Kisah Nyata Menunaikan Ibadah Umroh Dengan Bersepeda dari Malang Ke Makkah

Menunaikan ibadah umroh merupakan sebuah keinginan setiap kaum muslimin, karena umroh merupakan ibadah yang unik dan berbeda di bandingkan dengan ibadah lainnya bagi kaum muslimin, umroh sendiri adalah merupakah salah satu rangkaian ibadah daripada ibadah haji, namun bedanya kalau umroh bisa dilsakanakan kapan saja, tanpa mengenal waktu, namun apabila haji harus di laksanakan di waktu tertentu. Meskipun begitu umroh dan haji harus di laksanakan hanya di satu tempat yaitu di Makkah saja, di dalam komplek Masjidil Haram Makkah Al Mukarromah Negara Saudi Arabia.

Menunaikan ibadah umroh itu sendiri hanya beberapa hal yang perlu di laksanakan. dimulai dari niat umroh, menggunakan pakaian khusus umroh, thawaf, sai, dan tahalul serta tertib. Rangkaian kegiatan ini harus dilaksanakan secara terus-menerus, tanpa terputus waktu yang lama, sedangkan niat umroh itu sendiri harus di ambil bukan ketika kita berada di Masjidil Haram, namun niatan umroh dilaksanakan di luar kota Makkah, apabila jamaah umroh melaksanakan ziarah dulu ke Madinah ketika berangkat dari Indonesia, maka mengambil niatan umroh itu dilaksanakan di Bir Ali, yaitu sebuah tempat di luar kota Makkah.

Banyak hal di lakukan oleh kaum muslimin untuk melaksanakan umroh dan haji, dari mulai menabung sedikit-demi sedikit, melakukan pinjaman, menggunakan uang untuk membeli jatah rokok untuk menabung agar dapat berangkat umroh, ada juga yang berusaha bekerja sebaik mungkin disebuah perusahaan agar mendapatkan hadiah kesempatan melaksanakan Umroh.

Menunaikan Ibadah Umroh dengan Bersepeda Hakam dari Malang, Travel Umroh 0821-1177-8165

Demi Umroh Rela Bersepeda dari Malang Ke Makkah

Namun ada hal yang unik yang dilakukan oleh pasangan suami istri asal dari Malang Jawa Timur ini, Hakam Mabruri dan istrinya Rofingatul Islamiah, mereka berdua ini melaksanakan umroh dengan cara mengendarai sepeda tendem yang di rancang khusus untuk mereka berdua dan bisa membawa perlengkapan memasak dan tidur selama mereka melakukan perjalanan.

Perjalanan yang mereka lakukan ini, awalnya adalah dengan cara ziarah ke makam Wali Songo atau wali Sembilan yang sangat terkenal di Indonesia, karena perjuangan mereka menyebarkan islam di tanah Jawa, setelah itu mereka lalu melintasi 7 negara dan menyusuri jalan sepanjang 12 ribu kilometer selama 13 bulan dari malang menuju Makkah Al Mukarromah, dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, guna menghindari konflik yang sedang terjadi di timur tengah, mereka memilih jalan memutar dengan melalui, Yordania, Mesir dan Saudi arabia.

Hakam Mabruri ini adalah orang yang memang hobi bersepeda dan istrinya juga orang yang senang untuk berpetualang, saat itu Hakam membuat sebuah rancangan sepeda yang khusus untuk mereka dapat gunakan selama perjalanan mewujudkan impiannya, rancangan sepeda itu di kerjakan dengan sesuai keinginan dari Hakam ini, yang dapat mereka gunakan selama melakukan perjalanan yang jauh ini, dengan beberapa penambahan disana sini, untuk disesuaikan saat digunakan berdua . Hakam juga belajar bagaimana menggunakan GPS dan Google Maps secara efektif yang akan di gunakan sebagai panduan selama dalam perjalanan.

Selain itupun, Hakam belajar bagaimana menservice sendiri sepedanya apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan bersama Istrinya untuk melaksanakan Umroh. Dari mulai memasang rantai yang putus, memomba ban dan juga mengganti ban sepeda yang bocor dan lain sebagainya.

Hakam dan istrinya Rofingatul Islamiah ketika berkomunikasi, dengan orang-orang yang mereka temui dari berbagai Negara yang mereka lalui selama dalam perjalanan, yaitu dengan menggunakan bahasa isyarat, agar bisa saling mengerti dan memahami dengan orang yang di ajak berkomunikasi, namun hal tersebut bukan sebuah halangan untuk mewujudkan impiannya menunaikan ibadah Umroh.

Perjalanan yang dilakukan selama 13 bulan atau 1 tahun lebih itu, akhirnya bisa sampai ke Mekkah dengan selamat, bisa menunaikan ibadah Uumroh dengan khusyu dan memperbanyak itikaf di dalam Masjidil Haram, saat akan kembali ke tanah air, Hakam dan istrinya menggunakan pesawat terbang, untuk bisa segera sampai ke kampung halamannya di Malang.

Sebuah perjalanan untuk menggapai spiritual yang tinggi, yang tentunya bukan ingin di liput dan penuh keangkuhan, namun dengan tujuan untuk mengabdikan diri sepenuhnya kepada Allah, dalam perjalananyapun Hakam dan istrinya tersebut pernah mengalami penipuan sebesar 1000 usd selama di India. Ketika berada di beberapa daerah Hakam mendapat sambutan yang baik dari warga sekitar, untuk dapat hidup sehari-hari, hakam memasak sendiri makanan dan tidur didalam tenda yang dibawa dari Indonesia, istrinya Rofingatul dengan sabar mendampingi Hakam untuk meraih tujuan bersama sampai turun berat badannya sebesar 5 Kg.

Baca juga : Daftar Haji Plus di Jakarta

Kisah lain berangkat umroh dengan cara unik

Mungkin sebelumnya kita pernah mengetahui informasi, tentang beberapa orang laki-laki muslim yang berasal dari inggris yang menunaikan haji dengan menggunakan sepeda dari Inggris ke Mekkah, ada juga yang melaksanakan haji dengan berjalan kaki dari Indonesia ke Mekkah, ada juga yang melaksanakan haji dengan menggunakan mobil sepasang suami istri yang sudah sepuh dari Indonesia ke Mekkah, dan sekarang kita dapatkan informasi tentang pasangan suami istri yang melaksanakan ibadah umroh dengan menggunakan sepeda.

Kita dapat menyaksikan betapa kuatnya tarikan spiritual atau panggilan Allah kepada hamba-hambanya yang beriman untuk dapat melaksanakan umroh dan haji, dengan berbagai cara mereka orang-orang yang beriman ini lakukan dengan berharap ampunan dan ridho dari Allah SWT.

Tidak mungkin seorang Hakam dan istrinya Rofingatul, mampu untuk dapat melalui 7 Negara dan 12.000 km perjalanan selama 13 bulan, apabila bukan untuk membuktikan kecintaanya kepada Allah dan memenuhi panggilan Allah untuk datang ke rumahnya di Makkah Al Mukarromah. Karena hanya orang-orang yang memiliki keimanan yang kuatlah yang dapat memenuhi panggilan tersebut.

Motivasi menunaikan ibadah umroh

Beberapa waktu yang lalu pernah heboh seorang pemuda yang berniat berhenti merokok dan uang yang biasanya di belikan rokok yang nilainya sampai dengan 20.000 tersebut di tabungkan hari demi hari sehingga terkumpul dana yang cukup untuk dapat menunaikan ibadah umroh.

Banyak orang yang ingin berhenti merokok, namun hanya sebatas ingin tanpa pernah ada aksi nyata yang dilakukanya, maka keinginan itu tidak akan sampai kepada tujuan yang di harapkan, namun apabila keinginan tersebut di serta dengan keteguhan yang kuat, tujuan yang jelas, dan melakukan aksinya setiap hari, maka tidak ada yang mustahil untuk dapat dicapai.

Baca juga : Bisa Umroh Karena Berhenti Merokok

Tinggal sekarang bagaimana aksi nyata yang akan kita lakukan, untuk dapat memenuhi panggilan Allah dalam melaksanakan Umroh dan Haji, apabila memang kita sudah memiliki niatan untuk melaksanakan umroh, apakah sudah kita menghubungi salah satu travel Umroh yang anda percaya untuk dapat membantu dalam menunaikan ibadah umroh.

Apabila kita sudah menghubungi salah satu travel umroh yang kita percayai, maka langkah selanjutnya adalah membuat  tabungan untuk dapat mengumpulkan dana untuk keberangkatan menunaikan ibadah umroh kita, dan tetapkanlah tanggal dan bulan yang akan menjadi sejarah bagi hidup kita dimana kita pertama kalinya melihat ka’bah dengan mata kepala kita sendiri.

Apabila niatan itu sudah kuat mengkristal didalam hati kita, maka Insyaallah akan Allah mudahkan dalam memenuhi sisanya, dari manapun Allah suka rezeki itu datang kepada kita.

Bagi anda yang ingin segera menunaikan ibadah umroh tahun ini, bisa segera menghubungi kami di nomor :

HP : 0821-1177-8165

WA : 0821-1177-8165

Comments are closed.