Let’s travel together.

Rahasia Air Zamzam Yang Jarang Diketahui

0 6

Inilah beberapa Rahasia Air Zamzam Yang Jarang DiKetahui

Banyak hadist lain yang diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Berkenaan dengan air zamzam, keutamaannya, dan sifat-sifat sumurnya. Secara umum, hadist-hadist itu mengatakan bawa air Zamzam adalah hentakkan Malaikat Jibril dan minuman yang diberikan Allah kepada Nabi Ismail (Sunan Daruquthni hadist no 238).

Khasiat Air Zamzam Travel Umroh 0821-1177-8165

Sejarah Air Zamzam

Sumur Zamzam dipancarkan oleh Jibril atas perintah Allah 3.999 tahun yang lalu, dengan tujuan untuk memuliakan istri Nabi Ibrahim yang bernama Siti Hajar dan putranya yang bernama Nabi Ismail, yang ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di lembah yang gersang, di sisi rumah Allah yang suci.

Ketika Nabi Ibrahim hendak meninggalkan mereka, pecahlah tangisan wanita solehah itu. Ia menangis menyaksikan betapa gersang dan tandusnya tempat itu. Ia berduka karena di tempat itu tak ditemukan air, tumbuhan, bahkan manusia. Ia pun berlari mengejar suami tercintanya dan bertanya, “kepada siapa Engkau akan menyerahkan kami, wahai suamiku? Kepada siapa Engkau akan menitipkan kami di tempat yang gersang ini?”

“Kepada Allah” jawab Nabi Ibrahim

“Kalau begitu, aku rela.” Kemudian hajar bertanya lagi, “Apakah Allah yang memerintahkan padamu?”

“Ya…” Nabi Ibrahim pun lantas pergi meninggalkan istri dan anaknya. Sesampainya di Balik Bukit, ia kemudian berbalik menghadap Baitullah dan berdoa kepada Allah agar istri dan anaknya diberi Rahmat, rezeki, dan perlindungan, iya bisikan munajatnya:

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak ada tanam-tanaman, di dekat rumahmu Baitullah yang dihormati. Ya Tuhan kami, itu agar mereka mendirikan salat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezeki lah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” QS Ibrahim 37.

Sekalipun ditinggalkan suaminya di tanah yang gersang, Hajar tidaklah kecewa dan marah. “Jika memang ini perintah Allah, dia tidak mungkin menyia-nyiakan kami,” begitu bisikan batinnya.

Sebagai balasan atas keimanan dan kepercayaannya kepada Allah, Hajar diberi kemuliaan melalui air Zamzam, yang dipancarkan oleh Jibril melalui perintah Allah. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Ibunda Nabi Ismail menampung air yang mengalir itu dengan menggali tanah di sekitar keluarnya air itu agar air itu tidak hilang ketika ia mengambil kantung minumnya.” Rasulullah menambahkan, “andai Ibu Ismail tidak menampung air itu, tentu sekarang sumur Zamzam sudah menjadi mata air yang mengalir.”

Jibril berkata kepada Hajar, “Janganlah kau takut terlantar, sesungguhnya di sini adalah rumah Allah Baitullah yang kelak akan dibangun oleh anak ini dan ayahnya. Dan Sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan penduduknya.” (Al Jami’ Al Lathif)

Peristiwa itu terjadi 1910 tahun sebelum Masehi, atau 2572 tahun sebelum kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Keluarnya air dari sela-sela Bebatuan yang terbakar terik matahari padang pasir dalam bentuk mata air yang jernih, menyegarkan, dan tidak pernah kering, merupakan fenomena yang sangat menakjubkan. Lebih hebat lagi, sumur itu terus mengalirkan air yang segar selama kira-kira 4000 tahun. Padahal, sumur itu berada di kawasan yang jarang turun hujan dan berkali-kali tertimbun tanah. Dalam sehari rata-rata sumur Zamzam, yang diberkahi Allah, memancarkan air sebanyak 11 sampai 18,5 liter per detik. Air sumur itu dipancarkan untuk memuliakan Nabi Ibrahim istrinya dan juga anaknya.

Sumber air sumur Zamzam itu baru diketahui ketika ada pengerjaan penggalian terowongan di sekitar Mekah. Di dalam Terowongan itu para pekerja melihat pancaran air keluar dengan sangat deras melalui saluran-saluran kecil yang datang dari berbagai arah. Setelah ditelusuri, saluran-saluran kecil tersebut, berasal dari tempat-tempat yang jauh, di sekeliling kota Mekkah. Penemuan itu menegaskan sabda Rasulullah bahwa air zamzam dihasilkan dari hentakan yang sangat keras. Rasulullah bersabda, “Air zamzam adalah hentakan Jibril dan minuman yang diberikan Allah untuk Ismail.”

Sumur Zamzam merupakan mukjizat yang menunjukkan kemuliaan kota Mekah, Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan Nabi Ismail. Nabi Ibrahim adalah Khalil Al Rahmaan (Teman Allah ). Ia adalah Bapak para Nabi. Sementara itu, Nabi Ismail adalah seorang anak yang berbakti. Ia rela dikorbankan oleh ayahnya. Ia membantu ayahnya, Nabi Ibrahim, meninggikan pondasi Ka’bah. Karena lokasinya yang berada di tempat mulia dan karena keimanan orang-orang yang memuliakan tempat itu, Allah pun memuliakan dengan air zamzam. Kemuliaan air zamzam terletak pada khasiat yang akan dirasakan oleh orang yang meminumnya. Rasulullah bersabda, air zamzam itu tergantung orang yang meminumnya. Pada kesempatan lain, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, sebaik-baiknya di muka bumi adalah air zamzam. Di dalamnya ada makanan bagi yang lapar dan obat bagi penyakit.

Manfaat Air Zamzam untuk kesehatan travel umroh 0821-1177-8165

Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan

Diriwayatkan dari Ummul Mukminin, Aisyah, bahwa ia selalu membawa air zamzam sebagai oleh-oleh setiap kali mengunjungi Makkah Al mukarromah. Rasulullah juga mengambil air zamzam untuk diminumkan dan dibasuhkan kepada orang yang sakit sehingga sembuh, dengan izin Allah.

Dalam buku Faydh Al Qadir, dijelaskan: “Rasulullah mengatakan bahwa khasiat air zamzam tergantung tujuan orang yang meminumnya, karena air zamzam adalah minuman dan pertolongan yang diberikan oleh Allah kepada putra temannya Nabi Ibrahim. Karena itu, Ia pun menjadi pertolongan bagi orang-orang yang setelahnya. Siapa saja yang meminumnya dengan ikhlas niscaya akan mendapatkan pertolongan. Banyak ulama yang meminum air zamzam untuk tujuan-tujuan mereka, dan mereka pun mendapatkannya.”

Dalam kitab Zad Al Ma’ad Ibnu Qayyim mengungkapkan. ” Saya sendiri, dan beberapa teman, pernah mencoba berobat dengan air zamzam. Dan ajaib! Dengan izin Allah, saya sembuh. Saya juga pernah menyaksikan orang yang selama setengah bulan hanya makan dengan meminum air zamzam. Dan selama itu ia tidak merasakan lapar!”

Ini membuktikan kebenaran sabda Rasulullah SAW. Bahwa air zamzam adalah makanan bagi yang lapar dan obat bagi penyakit.

Dalam buku Nayl Al Awthar, Al Syaukani berkata, “Ucapan Rasulullah SAW air zamzam bergantung tujuan orang yang meminumnya, merupakan dalil bahwa air zamzam akan mendatangkan berbagai manfaat sesuai dengan tujuan yang diinginkan orang yang meminumnya, baik yang berkenaan dengan hal-hal yang bersifat duniawi maupun ukhrawi”.

Tidak sedikit kisah yang kita dengar saat ini yang bertutur tentang orang-orang yang sembuh dari penyakit mereka karena sering meminum air zamzam. Berikut ini beberapa keutamaan air zamzam

Penelitian ilmiah membuktikan bawa air zamzam mengandung unsur-unsur biologis dan kimiawi yang unik. Pada setiap liternya air zam-zam mengandung 3000 mg unsur dan senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sementara itu, mineral yang dikandung air sumur biasa yang ada di Mekkah dan lembah-lembah sekitarnya hanya 260 miligram per liter. Ini membuktikan bawa sumber air zamzam berasal dari tempat yang sangat jauh dari Mekkah. Karena itu, unsur kimia dan biologi yang ada didalam air sumur zamzam sangat berbeda dari air-air lainnya yang ada di sekitar Mekah. Salah satu keunikan air zamzam sulit dibekukan kecuali setelah disuling 1000 kali.

Unsur-unsur Kimia dalam air zamzam mungkin dapat dikelompokkan ke dalam ion-ion positif dan ion-ion negatif. Diantara ion-ion positif yang dikandung air zamzam adalah sodium (sekitar 200 miligram per liter), kalsium (sekitar 200 miligram per liter), potassium (sekitar 120 miligram per liter), magnesium (sekitar 50 miligram per liter). Sedangkan kandungan ion-ion negatifnya adalah sulfur (kira-kira 372 mg per liter), bikarbonat (kira-kira 366mg perliter) nitrat (kira-kira 273 mg perliter) fosfat(kira-kira 0,25 mG per liter), dan amonia (kira-kira 6 mg per liter). Setiap unsur kimia ini berperan penting bagi kehidupan sel tubuh manusia.

Khasiat Air Zamzam untuk Wajah dan Kulit

Para pakar kesehatan membuktikan bahwa ada hubungan yang kuat antara kekacauan susunan kimia tubuh manusia dan munculnya sejumlah penyakit sebagaimana telah diketahui, air mineral yang layak minum dan air mineral yang tidak layak minum telah digunakan sejak berabad-abad lamanya untuk penyembuhan berbagai penyakit. Air mineral yang layak minum telah terbukti berperan dalam penyembuhan aneka penyakit, seperti asam lambung, gangguan pencernaan, dan jantung koroner. Sedangkan air mineral yang tidak layak minum bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, rematik, serta nyeri otot dan sendi. Air mineral itu berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah atau menambahkan beberapa unsur penting ke dalam tubuh yang sakit melalui kulit.

Maka banyak sekali orang yang membasuhkan air zamzam ke wajahnya untuk menyegarkan wajahnya dan juga untuk membuatnya menjadi lebih segar dan nyaman di wajah

Cara Minum Air Zamzam

Adab dan tata cara minum air zamzam, sebagaimana yang banyak disampaikan oleh sebahagian Fuqaha adalah termasuk dalam hukum sunat dalam minum air zamzam, antaranya:

  1. Harus menghadap kiblat,
  2. Di awali dengan membaca Bismillahsebelum minum.
  3. Niatkan minum airzamzam dengan niat ikhlas karena Allah SWT.
  4. Di usahakan jangan minum air zamzam dengan sekali teguk sehingga habis
  5. Diusahakan apabila meminum air zamzam sebanyak 3x dan diselangi bernafas di luar bekas minuman, kemudian baru teguk lagi.
  6. Setiap kali mengambil nafas ketika minum air zamzam, melihat ke arah Kaabah/kiblat.
  7. Minumlah air zamzam sehingga kenyang kerana orang munafiq tidak meminumnya sehingga kenyang.
  8. Sesudah minum, ucapkan pujian kepada Allah dengan membaca hamdallah
  9. Memperbanyakkan doa ketika minumdan mengharapkan kebaikan di dunia dan akhirat

Video Penggalian dan Renovasi Sumur Air Zamzam.

Maha Suci Tuhan yang telah memerintahkan malaikat nya untuk memancarkan sumur Zamzam di antara bebatuan kota Mekah. Maha suci Allah yang telah memerintahkan air untuk terus mengalir ke sumur itu dari tempat yang sangat jauh melalui celah-celah yang kecil. Maha suci Allah yang telah memberitahukan ini kepada Nabi dan Rasul Nya yang terakhir.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.