Let’s travel together.

Perbedaan Mabrur dan Sah

0 0

MABRUR vs SAH

Travel Umroh – Apa itu Mabrur ? – Mabrur adalah kata yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Setiap umat muslim yang berkunjung ke Baitullah untuk berhaji atau umroh pasti mengharapkan menjadi haji mabrur maupun umroh yang mabruron.

Sering kita mendengar kalimat yang mengatakan “Sah belum tentu Mabrur”. Jamaah ibadah haji maupun umroh yang sah menurut syarat dan rukun-rukunnya belum tentu menjadi jamaah yang mabrur. Namun, tahukah Anda, apakah sebenarnya definisi dari mabrur itu ?

Definisi Mabrur

Secara bahasa, mabrur berasal dari kata “al-birru”, yang artinya “kebaikan”. Ada pula yang menyebut bahwa mabrur berasal dari kata “barra yaburru barran” yang artinya “taat berbakti”.

Mabrur (al birru) dalam kamus Al Munawwir Arab – Indonesia Terengkap (Ahmad Warson Munawwir), disebutkan bahwa al birru memiliki arti ketaatan, kesalehan, atau kebaikan.

Mabrur (al birru) dalam Kitab Lisan Al Arab, dapat memiliki arti baik, suci, dan bersih. Dapat juga diartikan maqbul atau diterima.

Berdasarkan beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa mabrur berarti diterimanya ibadah seorang muslim oleh Allah SWT.

Perbedaan-Mabrur-dan-Sah-Travel-Umroh-dan-Haji-0821-1177-8165

Haji Mabrur

Setiap umat muslim yang pergi haji pasti bercita – cita menjadi haji yang mabrur. Namun, tidak semua orang dapat menjadi haji mabrur.

Sah dan mabrur merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya saling terkait. Sah berarti menggugurkan kewajiban, adalah dengan mentaati syarat dan rukun – rukun ibadah haji, sedangkan mabrur berarti diterimanya ibadah seorang muslim oleh Allah SWT.

Seorang muslim yang berhaji, dan telah melaksanakan segala kewajiban haji maka telah gugur seluruh kewajiban hajinya, disebut sah, namun belum tentu baginya hajinya diterima oleh Allah SWT.

Seorang muslim yang berhaji, dan tidak melaksanakan seluruh kewajiban hajinya, maka hajinya disebut tidak sah, dan apabila sah nya haji tidak dipenuhi tentunya tidak dapat diterima ibadah hajinya. Jadi, untuk memperoleh predikat haji mabrur tentunya ibadah hajinya harus sah terlebih dahulu.

Semoga senantiasa memberikan manfaat, ESQTours Travel solusi bagi Anda yang membutuhkan partner perjalanan Haji dan Umroh Anda atau bagi Anda yang memiliki hobi berwisata dan gemar berpetualang.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.