Let’s travel together.

Keutamaan Umroh Ramadhan dan Persiapannya

0

Keutamaan Paket Umroh Ramadhan dan Persiapan yang Diperlukan

Ramadhan adalah rajanya bulan, artinya diantara beberapa bulan yang lain dalam hitungan hijriyyah, Ramadhan menduduki tempat yang paling utama, selain keutamaan bulan ramadhan, karena adanya nuzulul Quran, malam lailatul Qodar disamping adanya kewajiban berpuasa bagi umat islam, hal ini menjadikan ramadhan adalah bulannya pesta orang-orang yang beriman untuk lebih meningkatkan lagi amaliyahnya selain di bulan yang lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan amaliyah di bulan ramadhan adalah dengan beribadah umroh, sebagaimana Hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW yang derajat hadisnya adalah shahih dan diriwayatkan oleh Iman Bukhori dan Muslim dengan bunyi hadist seperti ini :

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai haji”

(HR.Bukhari nomor 1782 dan HR.Muslim nomor 1256).

Dengan adanya hadist tersebut menjadi motivasi bagi seluruh orang-orang yang beriman dan mampu, untuk melaksakan umroh di bulan ramadhan, karena pahalanya sama dengan pahala Haji.

Apabila kita berbicara masalah haji di Indonesia yang terkenal dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia ini, tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dapat berangkat menunaikan ibadah haji, karena dengan adanya pembatasan quota haji ini menjadikan daftar antrian untuk berangkat haji sangat panjang untuk di Indonesia, bisa sampai 20 tahun, bayangkan apabila kita harus menunggu 20 tahun, yang belum tentu usia kita akan sampai kepada 20 tahun mendatang,

Lalu bagaimana solusinya, salah satunya adalah berangkat umroh di bulan ramadhan, namun harus di ingat bahwa ketika kita melaksakanan umroh di bulan ramadhan tidak lantas kita menyandang gelar haji di depan nama kita, karena umroh di kategorikan sebagai haji kecil, dan umroh adalah sebagian dari rangkaian ibadah haji.

Sebab haji sendiri memiliki waktu tertentu untuk dilaksakanakannya, dan beberapa tempat tertentu untuk pelaksanaannya, meskipun semua tempat tersebut seluruhnya ada di tanah arab, tepatnya di kota Makkah Al Mukaromah.

Sedangkan gelar haji di Indonesia adalah bagi orang yang sudah melaksanakan Haji, bulan yang sudah melaksanakan umroh, meskipun Umrohnya memiliki pahala sebagaimana pahalanya haji.

Perlu kita ketahui juga bahwa gelar haji itu hanya ada di Indonesia, karena bagi muslim yang telah melaksanakan Haji selain orang melayu di Indonesia tidak menempatkan gelar haji di depan namanya.

Paket Biaya Umroh Ramadhan, Umroh Lailatul Qodar, Umroh Bulan Puasa 0821-1177-8165

Paket Umroh Ramadhan

Untuk mendapatkan paket umroh ramadhan yang terbaik, selalulah merujuk kepada anjuran dari KEMENAG yaitu dengan cara meneliti 5 Pasti, yaitu :

  1. Pasti Travel Berizin

Pastikan bahwa Travel yang membawa anda ke tanah suci, adalah travel yang sudah memiliki izin dari Kemenag dan sudah terpercaya dengan melihat surat izin dan juga apakah terdaftar di Kemenag atau tidak, dan juga apakah mereka sudah masuk ke beberapa asosiasi atau organisasi yang mengelola travel umroh atau tidak, juga jangan lupa untuk memastikan reputasinya kepada para alumninya, kegiatan apa saja yang diselenggarakan di Mekkah dan Madinah selain melaksakan Umroh wajib dan sunah.

  1. Pasti Jadwalnya

Dari beberapa travel umroh yang disinyalir melakukan penipuan adalah, yang selalu berubah-rubah jadwal keberangkatannya, karena itu kita harus bisa memasikan bahwa travel umroh yang membawa kita pasti jadwal keberangkatannya. Sehingga ada memiliki kepastian dalam keberangkatan, karena tentunya bagi anda yang bekerja disebuah perusahaan atau instansi harus mengajukan izin cuti, yang tentunya izin umroh ini harus di lakukan jauh-jauh hari, agar orang yang menggantikan pekerjaan anda bisa anda ajarkan terlebih dahulu apa yang harus di lakukan selama beberapa waktu kedepan selama anda tinggalkan untuk melaksakan umroh romadhon.

  1. Pasti Terbangnya

Setelah anda memastikan untuk keberangkatan anda ke Tanah Suci untuk melaksakan Umroh Ramadhan, maka pastikan juga tanggal berapa anda terbang dan menggunakan maskapai apa anda akan menuju Saudi, apakah pesawat yang anda tumpangi akan transit terlebih dahulu seperti di Qatar atau di Dubai atau lang menuju Jeddah atau Madinah, apakah jadwalnya akan melaksanakan Umroh dahulu di Makkah atau Ziarah dahulu di Madinah. Hal ini harus anda fahami lebih jelas terlebih dahulu, agar anda punya gambaran besar tentang perjalanan anda, dan juga anda bisa membuat kemungkinan-kemungkinan lainnya, misal apabila anda transit terlebih dahulu, maka anda harus mempersiapkan diri lebih oke, karena fisik anda akan kelelahan ketika harus menunggu jadwal penerbangan berikutnya menuju Saudi Arabia.

  1. Pasti Hotelnya

Dari sekian ciri-ciri Travel Umroh yang nakal adalah yang tidak memberikan kepastian dimana para jamaah akan menginap saat di Madinah atau di Makkah, karena pernah ada sebuah kasus dimana jamaah yang sudah cek ini di salah satu hotel di Saudi, di tinggalkan oleh pengelola travel umroh dan tidak dibayar kepada hotelnya, hal ini langsung di bantu oleh KBRI yang berada di Saudi Arabia, jadi berhati-hatilah akan kenakalan beberapa travel umroh dengan mamastikan 4 poin di atas, namun tidak kalah pentingnya juga adalah nomor 5, yaitu

  1. Pasti Visanya

Apabila ke empat point di atas sudah terpenuhi, namun apabila anda tidak mendapatkan kepastian kapan visa anda selesai di uruskan oleh travel umroh yang anda percayai, tetap anda tidak akan bisa berangkat untuk melaksanakan ibadah Umroh. Maka selalulah berkomunikasi dengan travel umroh anda, dan minta update terakhir apa saja informasi yang bisa kita dapatkan mengenai kepastian keberangkatan kita untuk melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan yang mulia.

Informasi penting lainnya yang harus anda ketahui adalah, bahwa biaya umroh ramadhan akan berbeda harganya dengan umroh selain di bulan ramadhan, karena akan banyak sekali jamaah umroh dari berbagai belahan dunia yang akan datang mencari hotel yang paling dekat dan nyaman dengan Masjidil Haram Makkah atau Madinah.

Adapun biaya yang ditawarkan bermacam-macam tergantung dari jarak hotel dimana jamaah tinggal menginap dan beristirahat, dari mulai harga 25.5 juta sampai dengan 45.5 juta, untuk harga 45.5 tentunya adalah hotel yang paling deket dengan Masjidil Haram dan juga Masjid Nabawi di Madinah. Semua pilihan tergantung dari anda.

Harga segitu adalah biaya umroh yang dilaksakanan selama 9 hari yaitu 3 hari di Madinah, 4 hari di Makkah dan 2 hari adalah perjalanan PP dari Jakarta ke Saudi dan dari Saudi Ke Jakarta.

Agar ketika anda melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan di Makkah dan Madinah optimal dan maksimal, maka di usahakan dari mulai sekarang sudah melakukan persiapan-persiapan untuk kekuatan dan ketahan fisik anda, selain anda juga berikhtir untuk mendapatkan travel umroh terbaik untuk melaksakan ibadah umroh ramadhan di tahun ini.

Tips untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap fit selama umroh ramadhan adalah :

Rajin melakukan olahraga

Dari mulai hari ini, anda sudah harus memulai untuk melakukan olah raga, dari yang mulai ringan sampai batas yang bisa anda lakukan sesuai dengan usia anda, olah raga bukan saja akan membuat tubuh anda sehat wal afiat karena aliran darah anda menjadi lancar, hal ini juga menjadi persiapan anda untuk dapat melaksanakan umroh di bulan ramadhan nanti, yang biasanya saat bulan ramadhan adalah saat musim panas, sehingga perlu fisik yang kuat dan prima.

Anda dapat berlatih dengan cara berjalan kaki setiap pagi hari dan sore hari. Jarak tempuh latihan setidaknya 1 hingga  5 km untuk mendapatkan ketahanan tubuh yang fit.

Membiasakan tidur dengan pola Teratur

Membuat kebiasaan baru dengan tidur teratur dan terpola mungkin di awal akan terasa sulit, dan kita harus mulai melupakan beberapa acara televisi yang saat ini menjadi favorit anda untuk mulai di lupakan, karena mulai saat ini anda harus memiliki pola istirahat yang teratur untuk membuat risme tubuh menjadi lebih baik, pola tidur orang dewasa adalah 5 – 6 jam dalam sehari. Dan juga sudah mulai membiasakan untuk melakukan tidur siang hari.

Membiasakan salat malam

Untuk membiasakan salat malam, mungkin hal ini sama halnya dengan anda harus membuat kebiasaan baru sama dengan yang sebelumnya yaitu dengan membiasakan tidur lebih awal dan dan mulai menghentikan kebiasaan bergadang, tidurlah lebih awal, misalnya adalah jam 8 setelah melaksanakan sholat isya anda sudah beristirahat untuk bangun lebih awal yaitu sekitar jam 3 atau jam 4 untuk memulai sholat malam atau tahajud

Membiasakan diri membaca Alquran

Tidak ada amalan yang lebih baik setelah sholat selain membaca Al-Quran, karena Al-Quran merupakan surat cinta dari Allah untuk kita sebagai hambanya, maka apabila ketika kita melaksanakan sholat di masjidil haram dilipat gandakan ganjaran pahalanya, akan dilipat gandakan kembali pahalanya apabila hal tersebut di laksanakan saat bulan ramadhan dan kita sedang dalam keadaan shaum.

Pahala kebaikan lainnya yang akan anda rasakan ketika membaca Al-Quran adalah mendapatkan ketenangan jiwa di dalam bathin anda. Hal ini yang menjadikan seseorang merasakan dekat dengan Allah dan kehidupannya selalu di liputi dengan kabahagiaan.

Mengonsumsi vitamin, buah dan sayur

Selain berolah raga dan beristirahat yang teratur anda juga perlu mendapatkan asupan vitamin, buah dan sayur yang cukup, untuk dapat menjaga vitalitas tubuh anda tetap prima, dan juga pastikan banyak meminum air putih yang teratur, selain untuk menghilangkan haus, juga untuk mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh kita agar segera terbuang, dan tidak menumpuk di dalam tubuh kita, agar ketika kita tiba waktunya melaksakan umroh ramadhan tubuh kita dalam keadaan sehat dan segar bugar, meskipun dalam keadaan berpuasa.

Bagi anda yang sudah merencanakan umroh ramadhan tahun ini, segera mencari travel umroh terbaik yang bisa anda dapatkan dan mintalah jadwal keberangkatan dibulan ramadhan serta paket apa saja yang dimiliki oleh travel tersebut, sehingga anda bisa mendapatkan beberapa pilihan yang waktu dan budgetnya sesuai dengan yang anda miliki dan harapkan.

Untuk referensi umroh ramadhan tahun ini, bisa menghubungi team kami, untuk bertanya mengenai program, pilihan paket dan juga biaya yang harus di keluarkan selama melaksakan umroh di bulan ramadhan,

Untuk dapatkan info umroh ramadhan, hubungi segera, HP/WA : 0821-1177-8165

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.