Apa itu Arti Haji Mabrur Bagi Jamaah Haji Indonesia

Apa itu HAJI MABRUR ?

Banyak di antara kita yang masih bertanya tentang apa itu yang dimaksud dengan haji mabrur, lalu arti mabrur itu sendiri artinya apa, dan ketika di gabungkan dengan kata haji menjadi haji mabrur artinya menjadi apa ? hal ini memang masih menjadi banyak pertanyaan di antara kita, namun sebaiknya kita melanjutkan membaca tulisan ini, dan menyimak beberapa hadist dari Rasulullah tentang Haji Mabrur dan juga Firman Allah dalam Al-Quran tentang penjelasan ini.

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Umroh ke umroh berikutnya merupakan pelebur dosa antara keduanya, dan tiada balasan bagi haji mabrur melainkan surga,”

(HR. Bukhori: 1683, Muslim: 1349)

“Haji mabur” memiliki beberapa kriteria:

Pertama: Ikhlas. Seorang hanya mengharap pahala Allah, bukan untuk pamer, kebanggaan, atau agar dipanggil “pak haji” atau “bu haji” oleh masyarakatnya.

Mereka tidak disuruh kecuali supaya beribadah kepada Alloh dengan penuh keikhlasan…(QS.al-Bayyinah [98]: 5)

Kedua: Berhajilah sesuai dengan tatacara haji yang diperaktekkan oleh Rasulullah SAW dan menjauhi perkara-perkara bid’ah dalam haji. Beliau Rasulullah SAW sendiri bersabda: “Contohlah cara manasik hajiku.” (HR. Muslim: 1297)

Ketiga: Harta untuk berangkat hajinya adalah harta yang halal, “Sesungguhnya Allah itu baik, Dia tidak menerima kecuali dari yang baik.” (HR. Muslim: 1015)

Keempat: Menjauhi segala kemaksiatan, kebid’ahan, dan penyimpangan.Barangsiapa menetapkan niatnya untuk haji di bulan itumaka tidak boleh rofats (berkata-kata tak senonoh), berbuat fasik, dan berbantah-bantahan pada masa haji…(QS. al-Baqoroh [2]: 197)

Kelima: Berakhlak baik antar sesama, tawadhu’ dalam bergaul, dan suka membantu kebutuhan saudara lainnya.Alangkah bagusnya ucapan Ibnu Abdil Barr dalam at-Tamhid (22/39): “Adapun haji mabrur, yaitu haji yang tiada riya’ dan sum’ah di dalamnya, tiada kefasikan, dan dari harta yang halal.” (Latho’iful Ma’arif Ibnu Rojab hal. 410-419,

Baca Juga : Haji Furoda itu Apa ? 

Masa’il Yaktsuru Su’al ‘Anha Abdulloh bin Sholih al-Fauzan: 12-13)

Setelah membaca penjelasan di atas tentunya kita menjadi faham betul tentang apa itu Haji Mabrur, karena tentunya setiap muslimin dan muslimat yang datang ke Makkah di musim haji sangat mendampakan sekali akan predikat Haji Mabrur ini.

Apa Itu Haji Mabrur, Cara Haji Mabrur, Bagaimana Haji Mabrur, Tips Haji Agar Mabrur, Kisah Haji Mabrur, Travel Umroh 0821-1177-8165

Karena tentunya sangat percuma apabila kita tidak mendapatkan predikat haji mabrur, karena menunaikan ibadah haji bukanlah sebuah wisata rohani ataupun perjalanan spiritual biasa, namun lebih dari semua itu, yang artinya perjalanan haji dan mendapatkan predikat Haji Mabrur adalah sebuah harga mati.

Baca Selanjutnya di : Daftar Haji Plus di ESQ Dapat Discount

Namun tentunya kita juga perlu mematuhi beberapa rambu-rambu saat ibadah haji, baik itu syarat maupun rukun haji, baik itu fadillah atau keutamaan lainnya, karena tentunya kita tidak dapat mengetahui mana yang mabrur ataupun tidak, dari sebuah ibadah haji, karena hanya Allahlah yang tahu, namun tentunya ada beberapa ciri bagaimana seseorang itu mendapatkan predikat haji yang mabrur atau ibadah hajinya yang diterima oleh Allah SWT.

Sebenarnya siapapun bisa dan dapat memperoleh predikat mulia tersebut, namun apakah mereka sudah memenuhi kreteria kemabruran hajinya ? hal ini akan menjadi PR bagi orang-orang yang akan segera menunaikan ibadah haji di tahun ini.

Bagi orang Indonesia atau bagi kaum Muslimin di Indonesia, sebuah predikat mabrur tentunya sangat di dambakan dan di idam-idamkan, karena sebagaimana kita ketahui, untuk bisa berangkat melaksanakan ibadah haji saja, harus menunggu beberapa tahun malah sampai ada yang belasan tahun harus sabar menanti giliran keberangkatannya.

Baca Juga : Daftar Haji Plus ESQ 

Hal ini berbeda dengan beberapa Negara yang penduduknya ingin melaksanakan Haji, quota mereka sangat luas, artinya mereka bisa pada tahun itu juga berangkat untuk melaksanakan haji, tanpa harus antri seperti di Indonesia, yang paling penting juga, biaya untuk melaksanakan haji tidaklah murah, dan tenaga yang di keluarkan untuk melaksanakan haji tidaklah enteng, karena harus melakukan rangkaian ibadah haji yang berbarengan dengan semua kaum muslimin dan muslimat di tempat yang sama, di hari yang sama dan di waktu yang sama.

Apabila sedikit saja waktunya bergeser karena kita ingin mendapatkan waktu yang kosong, maka tentunya tidak sesuai dengan syarat dan rukun haji, sehingga pada akhirnya hajinya menjadi batal dan sia-sia saja.

Maka yang di dapatkan hanyalah cape, kerugian baik materil berupa uang maupun moril rasa lelah, penat dan tidak nyaman dengan udara dan suhu yang berbeda di Negara asal kita Indonesia.

Semoga bermanfaat utk membangun suasana hati kita utk bisa berhaji ke Tanah Suci, Dan menajdikan HAJI YANG MABRUR, Aaamin Alfatihah

Untuk Mendapatkan Info lengkap mengenai Haji silahkan bisa menghubungi saudara :

Asep Lukman

Di : ESQ Tours Travel

Menara 165, Lantai GF Lobby Office

Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Cilandak

Jakarta Selatan, Indonesia – 12560

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.