Let’s travel together.

Berburu Air Zam zam di Masjid Nabawi

0 4

Cerita Berburu Air Zam zam di Masjid Nabawi

MADINAH—Pada gelombang kedua kedatangan jamaah haji dari berbagai negara ke Madinah, para tamu Allah itu berlomba-lomba memanfaatkan air zamzam yang di ada di Masjid Nabawi.

Saban hari, jamaah dari berbagai etnis, terutama Asia Selatan, seperti India, Pakistan, dan Afganistan, berburu “air suci” itu. Mereka biasa mengambil zamzam menggunakan botol-botol minuman kemasan yang sudah dikosongkan.

“Mereka mengambil dengan cara menyicil, satu-tiga botol, kemudian dipindahkan ke jerigen berkapaasitas sepuluh liter. Ini bisa memakan waktu lama, karena diisi sedikit demi sedikit,” ujar Fatma Yulia, di Madinah, Arab Saudi, kemarin.

Ia adalah salah seorang petugas Daerah Kerja (Daker) Madinah) yang biasa melayani jemaah wanita di Sektor I Madinah. Masjid Nabawi saban hari menyediakan ribuan galon air zamzam yang ditempatkan di berbagai sudut tempat ibadah raksasa itu.

Air yang sehat dan menyegarkan ini dipasok dari sumur zamzam yang dialirkan melalui daerah Kudai, Mekah. Sehingga, air zamzam di Masjid Nabi bisa dikonsumsi ribuan jemaah, karena kapasitasnya yang mencapai ribuan liter.Berburu Air Zam zam di Masjid Nabawi

“Galon berisi air zamzam ditempatkan di banyak titik di Masjid Nabawi. Ini memang disiapkan untuk jamaah. Jadi, jangan disia-siakan. Minumlah untuk menjaga agar stamina tetap fit dan itu juga bagian dari ibadah yang disunahkan,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Ibadah Daker Madinah Ustad H Nurudin.

Menurut dia, bila galon sudah habis, akan dipindahkan ke halaman masjid untuk diisi kembali. “Pada musim haji seperti saat ini, kebutuhan air zamzam lebih meningkat dibandingkan hari biasanya, sesuai dengan jumlah jamaah haji yang mencapai ratusan ribu jamaah yang datang dalam gelombang kedua ke kota suci ini setelah menunaikan haji di Mekah dan Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina),” ucapnya.

Di samping untuk menghilangkan dahaga dan mengenyangkan perut yang lapar, air zamzam diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. “Bila si sakit benar-benar berikhtiar dan memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah,” ucapnya.

Dia menyarankan, selama berada di Madinah, bila berada atau sedang beribadah di Masjid Nabawi, jamaah haji Indonesia sebaiknya menyempatkan diri untuk memperbanyak meminum air zamzam.

Dia menjelaskan, sumur zamzam mempunyai riwayat yang panjang. “Sejarahnya tidak dapat dipisahkan dengan istri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Sewaktu Ismail dan ibunya hanya berdua dan kehabisan air untuk minum, Siti Hajar pergi ke Bukit Safa dan Bukit Marwah, bolak-balik sebanyak tujuh kali. Namun, tidak berhasil menemukan air setetes pun, karena tempat ini hanya merupakan lembah pasir dan bukit-bukit yang tandus dan tak ada air dan belum didiami manusia, selain Siti Hajar dan Ismail,” katanya.

Akan tetapi, tutur dia, ketika sampai di Marwah, tiba-tiba Siti Hajar mendengar suara yang mengejutkan. “Ia lalu menuju ke arah suara itu. Alangkah terkejutnya, bahwa itu adalah suara air yang memancar dari dalam tanah dengan derasnya. Air itu adalah zamzam yang masih mengalir hingga kini dan diminum oleh jutaan jemaah haji dari berbagai penjuru dunia,” ujarnya.

Berkah dari air zamzam yang tidak pernah mengering ini menjadi sebuah bukti keistimewaan dari kota Makkah, yang mana di kota yang tandus di tengah padang pasir dan bukit berbatu yang mengelilinya Allah tempatkan salah satu sumber dari sumber kehidupan yaitu Air.

Namun bukan sembarang Air yang Allah berikan, namun air yang penuh keberkahan dan keistimewaan yang Allah berikan melalui perantaraan Jibril kepada istri dan anak dari Nabi Ibrahim sang kekasih Allah. karena ketaatan dan ketawakalan siti Hajar ini, Allah berikan sebuah keunggulan dari pada tanah Makkah ini.

Air Zamzam juga bukan hanya air yang mengandung PH yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi manusia namun juga sebuah air suci yang penuh mukjizat dan keistimewaan bagi siapapun yang meminumnya, apabila ketika kita hendak minum Allah sunnahkan untuk duduk atau jongkok, namun ketika kita akan meminum Air Zamzam, kita boleh berdiri dan tentunya menghadap arah kiblat, serta berdoa akan keinginan kita dengan perantaraaan wasilah air zamzam tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.