Let’s travel together.

11 Tips Umroh Akhir Ramadhan

0 2

Inilah Tips Umroh Akhir Ramadhan Yang Sangat Berguna

Umroh Akhir ramadhan adalah sebuah paket atau promo umroh yang paling banyak di tunggu-tunggu oleh banyak calon jamaah umroh, namun meskipun begitu paket di bulan ramadhan ini adalah paket yang lebih mahal di bandingkan dengan paket-paket di luar bulan ramadhan. Karena di bulan ramadhan ini ada 3 moment penting umat islam, diantaranya adalah Nuzulul Quran, Lailatul Qodar dan Idul FItri. Hal ini adalah keberkahan bagi kaum muslimin diseluruh dunia yang sangat di tunggu-tunggu. Jadi wajar saja bila umroh akhir ramadhan ini akan penuh sesak dengan jamaah umroh dari seluruh dunia.

Tips Untuk Nyaman Umroh Akhir Ramadhan

Karena umroh akhir ramadhan ini yang akan di penuhi oleh kaum muslimin dari mana-mana, maka diperlukan persiapan yang lebih dibandingkan dengan umroh selain di bulan ramadhan, diantaranya adalah persiapan fisik dan mental supaya ibadah umroh dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan harapan anda sebagai calon jamaah yang akan melaksakan ibadah umroh di akhir bulan ramadhan.

  1. Siapkan fisik yang prima

Umroh adalah sebuah ibadah yang memerlukan kekuatan fisik yang prima, terlebih lagi apabila melaksanakan umrohnya di bulan ramadhan, saat disiang hari anda harus berpuasa, dan kondisinya juga di sebuah tempat yang terkenal panas atau gersang, persiapan yang perlu anda lakukan di tanah air adalah  sering berjalan kaki, untuk menguatkan kaki anda, saat melaksanakan ibadah Umroh di Makkah, karena ibadah umroh ini banyak menggunakan fisik salah satunya adalah berjalan, seperti thawaf tujuh putaran dan juga sai tujuh balikan. Anda bisa berlatih jalan setiap hari di pagi, hari selain menyehatkan juga akan memperkuat kaki anda.

  1. Siapkan Mental yang baik

Pada saat kita melakukan umroh di akhir ramadhan nanti, tentunya banyak juga jamaah dari berbagai Negara yang melakukan umroh juga di akhir ramadhan tersebut, kita tahu sendiri bahwa postur tubuh kita dari asia tergolong kecil di bandingkan dengan postur tubuh dari aprika atau dari Negara arab lainnya, tentunya saat melakukan ibadah thawaf atau sai kita akan berdesakan dengan jamaah lainnya, hal ini memerlukan kesabaran, tidak mudah mengeluh dan menyerah dengan setiap kondisi yang kita hadapi di saat melakukan umroh. Maka persiapan mental ini perlu kita lakukan sejak awal kita akan melaksakanan umroh akhir ramadhan.

  1. Pilih penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Untuk memilih penginapan sebaiknya anda memilih penginapan yang dekat jaraknya dengan Masjidil Haram di Makkah ataupun Masjid Nabawi di Madinah, agar selama masa berpuasa sambil berumroh ini, anda tidak kehabisan tenaga dan tidak mudah kelelahan,karena harus bolak balik masjid hotel dan hotel masjid. Karena ketika bulan ramadhan di Makkah atau Madinah biasanya sedang dalam masa musim panas, hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri, bagi anda yang pertama kali melakukan umroh di bulan ramadhan, jadi harus banyak bertanya kepada muthowif atau tour leadernya masing-masing.

  1. Siapkan dana lebih untuk membayar penginapan

Ada beberapa hotel dan penginapan yang menaikan har ga tarif paket penginapan hotel pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Meskipun Anda sebenarnya ada di sana kurang dari 10 hari akan tetapi Anda harus tetap membayar harga paket secara penuh. Maka dari itu, siapkanlah dana budget lebih untuk membayar penginapan apabila sewaktu-waktu beberapa hotel yang anda menginap disana, meminta uang tambahan dari kita.

  1. Bersiap untuk antrean panjang di bandara

Ketika tiba di bandara di Saudi baik itu Bandara di Jeddah atau di Madinah, maka pada saat umroh ramadhan ini, tentunya akan banyak jamaah dari berbagai Negara yang datang, untuk melaksakanan umroh di bulan ramadhan ini, maka hal ini akan mengakibatkan antrian yang panjang ketika saat pemeriksanan passport dan visa masuk ke Saudi, untuk itu alangkah lebih bijaknya apabila anda mempersiapkan makanan cemilan dan minuman saat menunggu antrian ini, agar kondisi anda tetap vit dan segar.

  1. Bersiap untuk kegiatan malam hari

Ketika kita melaksanakan umroh di bulan puasa, tentunya akan sangat melelahkan apabila kita memaksanakan diri untuk melaksanakan umroh di siang hari, meskipun disiang hari jamaah yang umroh relative sedikit, karena para jamaah umroh tentunya sedang melaksanakan puasa, maka salah satu caranya adalah dengan melaksanakan ibadah umroh di saat malam hari.

Maka disarankan bagi jamaah umroh ramadhan untuk saat siang hari menyimpan energy dan beristirahat full di kamar hotelnya masing-masing, untuk persiapan melaksakan umroh, baik thawaf maupun sai di malam hari, karena dimalam hari relative dingin dan apabila selesai ibadah ritual thawaf, Said an Tahalul bisa beristirahat dan minum air zam-zam sepuasnya.

  1. Usahakan berangkat awal ke Masjidil Haram

Ketika anda sudah memutuskan untuk berangkat umroh akhir ramadhan ini, artinya tujuan anda adalah memperbanyak ibadah di tempat yang paling umat Islam rindukan yaitu di dalam Masjidil Haram dan juga Masjid Nabawi, maka pastikanlah diri kita untuk selalu bersiap lebih awal dan sudah berada di dalam masjid ketika adzan belum berkumandang, karena barisan shaf-shaf pertama di depan, akan paling banyak di perebutkan oleh seluruh jamaah umroh akhir ramadhan dari berbagai Negara. Pastikan jangan terlalu banyak berada di kamar hotel ketika malam hari, namun perbanyaklah membaca Al-Quran dan berdzikir di malam hari di dalam Masjid, dan gunakan waktu siang untuk beristirahat dalam rangka persiapan anda untuk mengisi malam-malam anda dengan ibadah mendekatkan diri kepada Allah di rumah Allah yang Agung.

Umroh Akhir Ramadhan, paket Umroh AKhir Ramadhan, Promo Umroh Ramadhan, Biaya Umroh AKhir Ramadhan 0821-1177-8165

  1. Hati-hati dengan Para Pengemis

Sebagaimana kondisinya di Indonesia, ketika bulan Ramadhan tiba, maka akan banyak pengemis yang meminta-minta shodaqoh dari para jamaah masjid, begitupun yang terjadi di Arab Saudi, baik itu di Masjidil Haram atau di Masjid Nabawi, akan banyak sekali orang-orang yang seperti pengemis yang meminta-minta shodaqoh kepada kita, ada yang mengaku sebagai jamaah umroh yang kehilangan passport dan visa sehingga membutuhkan uang untuk dapat kembali ke negaranya ataupun yang berpura-pura cacat untuk mendapatkan simpati dari para jamaah yang memang ingin mendapatkan keridhoan dan fahala yang besar di bulan Ramadhan

Sebagian orang Arab disana menyebutkannya sebagai Hantu di Masjidil Haram, namun bukan hantu makhluk ghaib sebagaimana yang terjadi di Indonesia, namun lebih kepada orang yang meresahkan dan membuat orang tidak nyaman untuk beribadah.

Apabila anda ingin bershodaqoh, maka bershodaqohlah kepada petugas kebersihan yang membersihkan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, mereka tidak akan meminta-minta shodaqoh dari anda, namun mereka tidak akan menolak untuk mendapatkan shodaqoh dari anda.

  1. Hati-hati saat Membawa Uang di Keramaian

Ketika anda akan bepergian ke Masjid atau ke tempat lainnya, pastikan anda dapat berhati-hati dalam membawa uang dan menyimpan uang di tempat yang aman, maka sebagian jamaah umroh asal Indonesia ada yang menggunakan kaos dalam yang ada kantongnya di dada dengan sleting, seperti kantong doraemon, agar dapat di pastikan aman dan tetap terjaga selama anda melakukan ibadah.

  1. Salat Tarawih Dilaksanakan Sebanyak 20 rakaat

Di Makkah sejak awal ramadhan, terutama di Masjidil Haram, bahwa tarawih di laksanakan sebanyak 20 rakaat, caranya yaitu dengan dua rakaat dan satu kali salam, dan setiap 10 rakaat maka akan berganti imam, maka bagi anda yang biasa melaksakan  tarawih 11 rakaat harus agak lebih bersabar dalam menyelesaikan sholat sunat Tarawih.

  1. Setiap salat Tarawih akan Dibaca 1 juz Alquran

Apabila kita di Indonesia ketika saat tarawih terbiasa dengan membaca surat-surat pendek, dari juz amma atau juz 30, maka di Makkah ini, anda akan mendapapi setiap satu malamnya tarawih itu menghatamkan satu juz Alquran, jadi apabila 30 hari ramadhannnya, maka dalam sebulan itu tamatlah surat dalam bacaan Tarawihnya.

Demikianlah beberapa informasi yang tentunya akan anda perlukan ketika anda melaksakan umroh akhir ramadhan, dan pastikan anda memiliki tubuh dan kesehatan yag kuat dan prima, karena ibadah umroh adalah ibadah yang menggabungkan kekuatan fisik, psikis dan juasa fulus kita.

Untuk mendapatkan informasi tentang biaya untuk paket umroh akhir ramadhan bisa menghubungi team kami di nomor : HP/WA : 0821-177-8165

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.